Rabu, 16 November 2011

PENGALAMAN BURUK PRAKTIKUM ILAB UNIVERSITAS GUNADARMA


Hari ini hari kamis, itu artinya jam setengah 4 sore nanti saya harus praktikum iLab. Apa sih iLab?? iLab adalah Integrated Laboratory, kalo menurut pengertian saya pribadi iLab merupakan praktikum yang sifatnya mandiri dan sangat personal, karena ketika memasuki ruangan parktikum yang full AC itu, kita langsung dihadapkan pada komputer sesuai nomor terminal yang kita punya. Teman di sebelah kiri-kanan maupun depan-belakang sudah pasti berbeda-beda. Seperti saya contohnya, saya duduk di nomor terminal/komputer B45, teman sebelah saya (saya lupa namanya), dia mahasiswi D3 semester 5, dan Dewi dari kelas 1EB27. Itulah keanehan sekaligus kelebihan daripada iLab. Ditambah lagi, tidak ada dosen didalam ruangan praktikum, hanya ada kakak-kakak Asisten Lab, mereka pun tidak menerangkan apa-apa tentang materi praktikum, tugas mereka (menurut penglihatan saya) mungkin hanya mengawasi praktikan dan jaringan. Jadi, ketika memasuki ruangan praktikum, kita pastinya harus sudah hafal tentang materi praktikum hari ini, karena begitu menyalakan komputer dan login degan menggunakan username serta password studentsite, yang akan tampil berikutnya adalah soal-soal praktikum yang harus dikerjakan dengan rentang waktu yang berbeda-beda.

Gedung iLab ini adalah gedung baru yang didirikan Universitas Gunadarma. Jadi, secara keseluruhan fisik dan kontennya masih sangat bagus. Bahkan masih ada beberapa bangunan yang masih dalam proses, perpustakaan pun saya dengar baru selesai baru-baru ini. Namun, dibalik dari semua kemewahannya, ternyata ada hal yang membuat saya kecewa, sangat kecewa.

Sudah tiga kali praktikum, jaringan Internetnya selalu saja LOLA (Loading Lama) alias LEMOT. Bukan komputer saya saja yang mengalami maintenance seperti itu, tapi semua komputer mengalaminya, dan kami sebagai praktikan tentu saja panik tak jelas, karena soal yang kami kerjakan belum selesai tapi waktu keburu habis hanya gara-gara koneksinya yang lambat. Karena ternyata, walaupun koneksinya lambat, waktu tetap saja berjalan cepat. Ini membuat kami berkali-kali mondar-mandir ke meja Assisten dan menanyakan “bagaimana”, dan mungkin hal itu juga membuat kakak-kakak assisten merasa makin pusing sehingga kami sampai kena tegur berkali-kali.

Saya pribadi sebagai praktikan sangat sangat merasa terganggu dengan hal seperti ini, kalau hanya 1 kali mungkin kami masih maklum, tapi ini terjadi sampai 3 minggu berturut-turut. Saya juga tidak tahu apakah kelas lain mengalami hal serupa seperti ini atau tidak. Tapi yang pasti untuk jadwal praktikum iLab hari kamis sesi setegah 4, setiap jam 16.15 PASTI koneksi internet tiba-tiba lambat (seperti terputus), dan baru bisa di‘normal’kan jam 17.00.

Yaa saran saya untuk masalah ini, sebaiknya jaringan internet iLab dibenahi lagi, supaya begitu masuk jam praktikum tidak ada praktikan yang merasa kesal dan kecewa (seperti saya). Dan saya berharap, semoga praktikum saya di kamis depan tidak ada masalah seperti 3 minggu kemarin. Kalaupun masih saja ada masalah, saya pasti utarakan kembali. Terimakasih sudah mau membaca :)