Selasa, 12 Oktober 2010

Mata Kuliah "Softskill" dan Portofolio Mahasiswa Universitas Gunadarma


Pengertian

Beberapa pengertian dan istilah mengenai Mata kuliah yang adaptif terhadap pengembangan softskill adalah sebagai berikut :

  1. Setiap Mahasiswa Universitas Gunadarma untuk program D3 dan S1 wajib mengikuti Mata Kuliah yang sistem perkuliahannya menitikberatkan pada pengembangan softfkill
  2. Mata Kuliah yang menggunakan sistem perkuliahan "softskill" ini bukan merupakan mata kuliah ujian utama, tidak ada unsur praktikum, dan tergolong mata kuliah pengembangan kepribadian atau kehidupan bermasyarakat yang sesuai dengan kurikulum berbasisi kompetensi di masing-masing program studi
  3. Mata Kuliah yang adaptif terhadap softskill tersebut akan diberikan SEYIAP SEMESTER, dengan nama mata kuliah yang tetap sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. mata Kuliah yang pelaksanaan perkuliahannya dengan pendekatan softskill tersebut akan diberi tanda "pagar" (#)
  4. Proses belajar-mengajar untuk mata kuliah tersebut akan dipandu oleh dosen pengampu yang berfungsi sebagai fasilitator. proses perkuliahannya lebih banyak kegiatan diluar kelas sesuai dengan panduan atau bimbingan dari dosen pengampu. pertemuan di kelas hanya dilakukan sebulan sekali dengan jadwal yang akan ditentukan oleh dosen pengampu.
  5. Komunikasi dengan dosen pengampu hanya dilakukan melalui studentsite yaitu pada fasilitas "lecture-message", termasuk untuk mengetahui tugas atau informasi yang diberikan oleh dosen pengampu diluar pertemuan di kelas
  6. mata kuliah ini TIDAK ADA UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) DAN UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS). Penilaian hanya dilakukan terhadap PROFIL DAN KUALITAS PORTOFOLIO MAHASISWA yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma
Portofolio Mahasiswa (UG Student Portofolio)

Sekali lagi, nilai mata kuliah "softskill" hanya berdasarkan PORTOFOLIO MAHASISWA. Portofolio Mahasiswa yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma bersifat elektronik dan bisa di akses oleh umum (open content). Format alamat portofolio tersebut adalah sebagai berikut :


[catatan : npm diganti dengan nomor NPM masing-masing Mahasiswa]

Portofolio tersebut terdiri dari informasi-informasi UTAMA sebagai berikut :

  1. Home, yang menampilkan foto diri dan kutipan berita dari Universitas Gunadarma
  2. Akademik, yang merupakan daftar mata kuliah yang sudah diambil oleh mahasiswa yang secara otomatis terisi dari Sistem Informasi Akademik Terpadu
  3. Seminar, yang informasinya diperoleh dari http://seminar.gunadarma.ac.id . Jadi, portofolio Mahasiwa secara otomatis terisi jika siswa yang bersangkutan mengikuti acara seminar dI Universitas Gunadarma yang sistem pendaftarannya melalui situs tersebut. Jika mahasiswa mengikuti seminar di luar Universitas Gunadarma harap melapor ke Dosen Pengampu dengan menyertakan bukti-bukti keikutsertaannya
  4. Kursus, yang diselenggarakan di Lembaga Pengambangan Universitas Gunadarma. Informasi tentang kursus/workshop ini juga akan terisi secara otomatis jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti kursus/pengembangan di Lembaga Pengembangan
  5. Tulisan, merupakan tulisan ATAS INISIATIF MAHASISWA  yang sumber tulisannya ada dua,yaitu (a) Tulisan di UG student Journalism atau di UG wartawarga yang bisa dilihat di http://wartawarga.gunadarma.ac.id dan (b) Tulisan di blog yang dimiliki mahasiswa yang bersangkutan. Setiap mahasiswa UG otomatis bisa menulis di wartawarga setelah login ke studentsite dan memilih fitur layanan "wartawarga". sebuah tulisan mahasiswa di blog juga bisa disubmit melalui studentsite yaitu pada fitur layanan "Tulisan" dengan memasukan "judul" tulisannya serta alamat URL-nya lengkap. PERHATIAN : MOHON SETIPA MAHASISWA MELIHAT BERBAGAI FITUR LAYANAN DI STUDENTSITE DAN DIHARAPKAN SELALU MENGAKSES STUDENTSITE SECARA PERIODIK
  6. Tugas, merupakan tulisan mahasiswa yang berdasarkan PENUGASAN DARI DOSEN PENGAMPU sesuai dengan materi kuliahnya yang mengacu ke SAP dari mata kuliah tersebut. Tugas tersebut ditulis di blog pribadi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa UG. Blog tersebut boleh ndengan domain .web.id, .info, wordpress, blogspot, blogsome,multyply, ngeblogs.com, dll. Tulisan di blog tersebut bidsa di submit melalui studentsite pada fitur "tugas" dengan memasukan judul tulisan dan alamat URL tulisan pada blog mahasiswa
  7. Kreatifitas, yaitu prestasi atau keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kreatifitas dan inovasi baik di dalam maupun di luar Unoiversitas Gunadarma
  8. Kemahasiswaan, adalah informasi yang bersumber dari bagian kemahasiswaan mengenai keterlibatan mahasiswa yang bersangkutan dalam organisasi atau kegiatan kemahasiswaan yang menjadi kewenangan bagian kemahasiswaan Universitas Gunadarma. pengisiannya dilakukan oleh satuan kerja khusus yang ditunjuk, dalam hal ini bukan diisi oleh mahasiswa yang bersangkutan.
Kewajiban Mahasiswa

  1. Wajib mempunyai blog sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan bidang keilmuan dan pengambangan softskill
  2. Wajib melaporkan alamat blognya melalui studentsite agar bisa di-crawl aktifitas blognya, sehingga bisa diikutsertakan dalam lomba blog yang secara rutin diselenggarakan di Universitas Gunadarma. alamat blog bisa di submit melalui fitru "daftar lomba blog" di studentsite
  3. Wajib mempunyai dan mengisi Portofolio mahasiswa sebagai rekam jejak kegiatan mahasiswa di kelas dan di luar kelas. Setiap mahasiswa diharapkan melihat portofolionya secara periodik untuk melihat perkembangan portofolionya yang pada dasarnya mencerminkan kegiatan dari mahasiswa yang bersangkutan
  4. Wajib meningkatkan keterampilan penulisan popular mengenai kompetensi atau bidang keilmuannya, yang dipublikasikan pada blog atau situs pribadi
  5. Wajib melakukan pengamatan terhadap kehidupan sosila kemasyarakatan dan melakukan dukomentasi kegiatan tersebut, khususnya dalam bentuk tulisan yang bersifat inisiatif yang dipublikasikan di blog privbadi atau di UG WARTAWARGA
  6. Disarankan untuk aktif mengikutu kegiatan kemahasiswaan atau kegitan ilmiah di luar kelas seperti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), mengikuti lomba inovasi, kreatifitas, kegiatan kemahasiswaan atau penulisan yang dilaksanakan oleh pihak eksternal
  7. Jika mahasiswa menunjukan prestasi yang "luar biasa" misalnya memenangkan PKM yang didanai dikti, juara lomba inovasi/kreatifitas yang dilaksanakan pihak eksternal, menerbitkan buku di luar, atau menulis artikel yang dipubliksikan di media cetak bereputasi, maka nilainya dijamin "A". Penilaian tersebut menjadi kewenangan dari Dosen pengampu
  8. Memanfaatkan Lecture message pada studentsite masing-masing untuk mata kuliah tersebut sebagai media komunikasi dengan dosen pengampu di luar kelas
  9. Mengingat portofolio Mahasiswa bersifat "open content", maka setiap mahasiswa UG wajib mematuhi etika ilmiah, hak atas kekayaan intelektual, serta menghindari plagiarisme